Skip to main content

Aplikasi Pemilihan Ketua Osis Berbasis Web

Aplikasi Pemilihan Ketua Osis Berbasis WEB - Untuk aplikasi yang saya bagikan ini bernama E-Pemilos / Pemilos Online. Aplikasi voting ini saya buat bersama dua orang teman saya yang bernama hasan dan bobola. Tujuan utama dari aplikasi e vote ini adalah untuk melengkapi tugas proyek di sekolah.

E-Pemilos dikembangkan dengan php dan mySql. Meskipun aplikasi e voting berbasis web sudah banyak beredar. Tetapi aplikasi ini saya buat bersama teman-teman saya mulai dari nol. Aplikasi pemilos online ini kami buat menggunakan bantuan framework codeigniter. Jadi untuk segi keamanan insyaallah terjamin heheh. Selain itu, untuk navigasi, kami menggunakan datatables.
Aplikasi Pemilihan Ketua Osis Berbasis WEB

Aplikasi ini dikembangkan menggunakan konsep OOP di mana objek pertama adalah admin dan objek kedua adalah pemilih. Admin dapat melakukan kegiatan dasar seperti menambah, melihat, mengubah, menghapus, dan mencari data. Halaman admin berisi menu : mengolah data calon ketua, mengolah data pemilih, melihat hasil suara, melihat grafik pemilihan, dan lain-lain.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah dalam proses pengolahan data pemilih, admin dapat meng-import data dari excel apabila jumlah data pemilih cukup banyak. Untuk halaman pemilih, siswa masuk ke dalam aplikasi terlebih dahulu menggunakan barcode atau qrcode. Setelah itu pemilih dapat melihat kandidat ketua osis, visi misi calon ketua osis, dan memilih salah satu dari kandidat tersebut.

Tahap Pengembangan Sistem Pemilihan Ketua Osis

Pengembangan sistem yaitu aktifitas untuk menghasilkan sistem berbasis komputer untuk menyelesaikan persoalan berbasis komputer untuk menyelesaikan masalah organisasi atau memanfaatkan kesempatan yang timbul. Oleh karena itu itu penulis menggunakan metode pengembangan sistem, agar software yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Berikut ini tahapan yang dilakukan :

a. Tahap Perencanaan Sistem

Tahap perencanaan adalah tahap awal pengembangan sistem yang mendefinisikan perkiraan kebutuhan-kebutuhan sumber daya seperti perangkat fisik, manusia, metode (teknik dan operasi), dan anggaran yang sifatnya masih umum (belum detail/rinci).

b. Tahap Analisis Sistem

Tahap analisis sistem adalah tahap penelitian atas sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau diperbaharui.

c. Tahap Desain Sistem

Tahap desain sistem adalah tahap setelah analisis sistem yang menentukan proses dan data yang dilakukan oleh sistem baru.

d. Tahap Implementasi

Tahap implementasi atau penerapan adalah tahap di mana desain sistem dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan.

e. Tahap Pemeliharaan

Tahap memelihara merupakan tahap yang dilakukan setelah tahap implementasi, yang meliputi pemakaian atau penggunaan, audit sistem, penjagaan, perbaikan, dan peningkatan sistem.

Keluaran yang Diharapkan dari Aplikasi Pemilihan Ketua Osis Online

Besar harapan kami agar proses pemilihan umum dapat berjalan lancar, paperless, efisien waktu dan biaya, serta menghasilkan penghitungan yang akurat. Selain itu, kami berencana untuk terus mengembangkan aplikasi E- Pemilos ini sehingga fitur-fitur seperti laporan rincian perolehan suara, catatan kejadian khusus, daftar hadir, surat pemberitahuan pemilihan, dan lain-lain dapat ditambahkan dalam rangka penyempurnaan Aplikasi Pemilihan Ketua Osis Berbasis WEB

Comments